Merasakan Perawatan Gigi Menghitam

3:19:00 PM
Gigi seri yang mulai menghitam.
Pernah nggak gigi kalian menghitam? Nah kali ini saya akan menceritakan kisah yang saya alami nih, tentang menghitamnya gigi. Tentu hal ini membuat saya nggak pede, apalagi kalau pas lagi selfie. Hehe..

Apa sih penyebabnya gigi menghitam? Setahu saya sih gigi menghitam disebabkan beberapa faktor, salah satunya sering meminum kopi atau teh, merokok, gigi rusak/membusuk. Nah yang terakhir merupakan penyebab gigi saya menghitam. Tepatnya menghitam dari bagian dalam/faktor internal.

Untung saja yang menghitam cuma satu, namun fatalnya gigi yang menghitam ialah gigi seri. Kebayang dong pas lagi senyum lebar, jreng-jreng.. nongol gigi hitam diantara barisan gigi putih. Hahaha rasis banget sih! Tapi serius, ini kadang bikin saya malu, dan selalu mingkem (Baca: menutup mulut) kalau diajak foto.
Tuh kan pas foto cuma bisa mesem-mesem, hahaha.
Setelah cek ke dokter, ternyata saya harus perawatan akar gigi. Sebelumnya memang saya sudah cek melalui browsing di beberapa situs web terkait dunia "kegigian" untuk mengetahui penyebab pastinya. Jadi untuk lebih memastikan, saya mengunjungi dokter sekaligus untuk perawatan gigi.

Jadi menurut penjelasan dokter, saraf gigi saya sih sudah hampir mati hingga menyebabkan gigi menghitam dari bagian dalam. Jadi ada dua masalah dalam gigi saya. Pertama saraf gigi yang harus dibersihkan agar tidak ada kuman yang menyebabkan gigi rusak. Kedua yakni memutihkan gigi yang menghitam.

Perawatan akar gigi menjadi alternatif untuk masalah saraf gigi saya ini, Jadi saya harus menjalani perawatan ini berkali-kali hingga akarnya bersih dan gigi tak terasa "nyut-nyutan" lagi. Nah proses ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Saya harus pergi seminggu sekali ke RSUD Syamrabu Bangkalan tepatnya di Poli Gigi sekitar 4 bulan! Mulai dari September 2016 hingga Desember 2016.
Proses perawatan gigi di RSUD Syamrabu Bangkalan. In frame saya sendiri. Terima kasij untuk Mas Dokter yang udah fotoin, hehe.
Jangan ditanya prosesnya gimana ya. Kalian bisa bayangin aja gigi bagian dalamnya dibolongi dengan mesin bor gigi. Di urek-urek, dibersihin. Pernah juga pakai alat yang dipanasin pake api spirtus lalu dimasukkan ke dalam gigi. Bukan maksud nakutin, tapi yang memang begitulah prosesnya hingga dirasa cukup dan selesai. [Eh malah dijabarin]

Nah setelah masalah diatas selesai, baru deh ke tahap selanjutnya. Bleaching! atau pemutihan gigi. nah kalau ini sebentar aja, ga perlu lama-lama. Proses ini mengharuskan kita bolak-balik rumah sakit setiap hari agar tetap terkontrol tingkat keputihan giginya. Hal ini diatur agar gigi berwarna sama putihnya dengan gigi disamping kanan dan kirinya.

Untuk dokter gigi yang menangani masalah syaraf gigi saya waktu itu sih drg. Febby, sedangkan untuk bleaching yakni drg. Izza. Sejauh ini sih pelayanannya memuaskan, namun kita harus meluangkan banyak waktu dan ekstra bersabar mengingat jenjang perbaikan giginya yang cukup lama.
Gigi saya normal kembali seperti semula, sekarang saya bisa tersenyum lebar sambil ngakak guling-guling. Hehehe
Untuk harganya sendiri sih Free! 

Hehe bercanda.. bukan asal gratis yaa. Soalnya saya pakai BPJS kelas satu. Jadi untuk perawatan akar gigi gratis tis tis. Namun untuk bleaching saya harus mengelus dada nih. Untuk perawatan ini sesuai perda dikenakan tarif 500ribu, ditambah biaya bahan obatnya 100ribu jadi total penanganan untuk bleaching jadi 600ribu rupiah.

Satu gigi aja segitu yaa.. gimana kalau bleaching seluruh gigi? Nah untuk temen-temen yang giginya menghitam secara faktor eksternal, yakni rokok atau kopi dan teh. Bisa! jadi tinggal dilakukan bleaching eksternal, beda dengan saya yang bleaching internal. Kira-kira sesuai yang saya dengar dari dokternya sih sekitar empat jutaan.

Sekian dulu cerita saya kali ini dan mohon maaf saya bukan pakarnya untuk dibidang pergigian. Jadi tolong kasih tahu kalau ada info tambahan dan ada yang salah dengan tulisan saya. Ini serius lho, balik lagi deh gigiku jadi putih bersinar dan kinclong. Jadi siap untuk senyum lebar dan selfie tipis-tipis. Hahaha..

Sampai jumpa lagi gaes!



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
WHIZISME
AUTHOR
January 30, 2017 at 3:37 PM delete

semakin cerah giginya....
kinclong2 ting!

Reply
avatar
January 30, 2017 at 5:14 PM delete

Wkwk iya nih kak Whiz.. mulai pede. Hahahaha...

Reply
avatar