Rame-rame Menduniakan Madura

6:18:00 PM 22

Beberapa waktu yang lalu, saya bersama Plat-M berkesempatan mengajak teman-teman blogger dari penjuru Indonesia untuk datang ke Pulau Madura. Dengan dibantu oleh Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS), tujuan kita tak lain adalah untuk menduniakan Madura.

Sebagai panitia, saya bersama tim pun menyiapkan segalanya agar peserta merasa nyaman saat di Madura. Mulai dari acara yang harus menyenangkan dan tak membuat jenuh, hingga persiapan lokasi dan konsumsi selama perjalanan empat hari tiga malam. Persiapan panitia dapat dibaca lebih lengkap disini.

Perjuangan panitia lainnya pun tak kalah seru ceritanya. Mulai dari Ali sang asissten driver yang harus menahan kantuk saat menjemput peserta di Stasiun pada dini hari, hingga Mbak Riska sang bendahara acara yang harus teliti menghitung pengeluaran akomodasi dalam acara. Mbak Riska ini sampai sempat sakit lho pada hari pertama acara. Keseruan tulisan mereka pun tak lupa untuk ditulis di blog masing-masing, tulisan pengalaman Ali bisa diklik disini dan kelucuan Mbak Riska disini.

Panitia PRIA! #MenduniakanMadura (beberapa nggak ikut foto sih, hehe)
Kalau saya sendiri sih dalam acara ini sebenernya berperan sebagai kesekretariatan. Hmm.. tapi dalam kenyataannya di lapangan, saya tak hanya sibuk kesana kemari dalam hal tanda tangan peserta dan juga surat-menyurat dengan warga setempat. Saya pun turut menjadi asissten Mas Wahyu si pemimpin acara, asissten Mas Zamroni dalam menjalankan alur cerita perjalan, serta asissten Mas Vicky dalam menjadi guide selama acara berlangsung.

Kolaborasi antar panitia mutlak diperlukan, mengingat dana serta konsep acara yang dibuat tidak main-main. Tentu panitia tidak bisa hanya menjadi one job person saja, melainkan saling membantu panitia lainnya jika di pos pekerjaanya sudah selesai atau sedang kosong. Dari pengalaman ini, anggota Plat-M dapat belajar saling mengenal dan mengerti pribadi yang satu dengan yang lainnya.

Hasilnya, beberapa peserta rasanya cukup puas dengan pengalaman-pengalaman selama menginjakkan kaki di Madura. Tentu merupakan pengalaman luar biasa, dimana teman-teman blogger dapat kumpul bersama dan diajak menelusuri jejak BPWS di Bangkalan hingga Sumenep. Agar tidak terasa membual, gimana kalau saya kasih saja salah satu tulisan peserta. Eh dua saja deh. Bisa klik tulisan Mas Edo disini dan Mbak Unik disini.
Harian Surya rubrik Citizen Reporter edisi 1 Desember 2016
Selesai acara, tak lupa saya mencoba menulis cerita mendunikan Madura untuk koran surya (bukan endorse ya). Ini merupakan tulisan pertama saya lho yang dikirim untuk media cetak. Alhamdulillah publish.. Yeay! Punya rencana sih mau dikliping, eh enggak ding. Kayaknya lebih keren digunting dan masukin pigora! wkwk. Nah buat yang mau baca, bisa diklik aja versi e-papernya disini.

Tentu merupakan pengalaman luar biasa bisa berkumpul bersama blogger se-nasional dalam satu acara yang sama, apalagi acaranya menduniakan Madura. Saya sebagai warga asli Madura sih sangat terharu dan bangga tentunya. Dan berharap mendapatkan feedback positif yang datang kepada Madura dikemudian hari.

Naaahh.. Setelah membaca tulisan saya ini, saya harap teman-teman sekalian jangan kaget jika tulisan saya bertabur backlink (wkwk, blogger murah backlink ini mah..) Kedua, ini tulisan rangkuman aja, belum fokus ke cerita saya, jadi sabar aja yaa untuk tulisan berikutnya. Hahaha..

Sampai jumpa!