#AlaMenilai, Merajut Asa Blogger Madura

2:32:00 AM


Jumat malam, bagi sebagian orang mungkin merupakan wktunya melepas penat. Apalagi jika bukan untuk menyambut week end esok hari. Namun tidak bagi Plat-M, sebutan bagi komunitas blogger Madura. Jumat malam bagi Plat-M merupakan waktu ‘wajib’ untuk menatap layar smartphone.

Bukan tanpa alasan. Maksud dari menatap layar smartphone tersebut adalah untuk saling melipat batas, berkumpul dan berdiskusi antar anggota Plat-M yang tersebar di berbagai wilayah dalam satu aplikasi chatting yakni WhatsApp.

Namun ada yang berbeda dihari jumat malam. Ya, jumat malam waktunya #AlaMenilai.

#AlaMenilai merupakan dua kata dalam satu frasa, yakni Alam dan Menilai yang tergabung menjadi sebuah makna khusus atau bisa dibilang ‘program acara’ dalam grup WhatsApp Plat-M. Inisiatornya siapa lagi kalau bukan Nur Wahyu Alamsyah, mantan ketua atau biasa disebut klebun (red. sebutan bagi kepala desa di Madura) dalam komunitas Plat-M.

Sesuai dengan namanya, #AlamMenilai merupakan waktu khusus bagi anggota Plat-M untuk dinilai setiap blognya oleh si ‘mpunya’ program acara yakni Mas Wahyu. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan kualitas tulisan setiap anggotanya.

#AlaMenilai sendiri diadakan rutin setiap minggunya dihari jumat pukul 19.00 WIB. Acara ini biasanya dimulai dengan embel-embel kalimat yang hiperbola khas Mas Wahyu Alam dengan diakhiri slogan “Percayalah, blog anda ada yang menilai” pertanda acara dimulai.

Tentu sebelum acara dimulai, setiap anggota sudah diingatkan terlebih dahulu oleh Mas Wahyu untuk stay tune di grup WhatsApp saat acara dimulai. Pikirku ya kasian juga kalau sudah ngomong panjang lebar tapi ngga ada yang denger. Hehe.



Dengan adanya penilaian, tentu para anggotanya akan lebih aktif lagi serta selalu memperbaiki tulisan disetiap minggunya. Tentunya ini sangat bermanfaat, tak terkecuali bagi saya yang notabene baru terjun untuk serius di dunia blogger.

Meskipun Mas Wahyu merentangkan jarak dengan menimbu ilmu hingga ke negeri orang yakni Taipei, namun hal tersebut tetap tak menyurutkan niatnya untuk tetap mengayomi teman serta adik-adiknya di dalam negeri ini agar senantiasa tetap aktif dan konsisten dalam menulis di Blog.

Suatu waktu dalam #AlaMenilai di grup WhatsApp, pernah ia berkata seperti berikut.

“Apalah artinya sebuah blogger, jika blognya ngga pernah update”.

Ya, kata tersebut bukan sekedar kiasan, melainkan juga sebuah himbauan agar kita selaku blogger tetap konsisten untuk menulis.

#AlaMenilai pun tiap hari makin kreatif, dalam penyampaiannya. Tidak hanya menilai, tetapi juga pada suatu sesi mengajak anggotanya untuk aktif dengan cara merangkai sebuah kata hingga menjadi sebuah kalimat. Kalimat-kalimat yang telah dibuat oleh anggota Plat-M ini pun disusun hingga menjadi paragraf yang nantinya akan siap diunggah di website Plat-M menjadi sebuah tulisan.



Tak lupa Mas Alam juga memberikan apresiasi dengan memberikan predikat “Post of the Week” bagi para anggotanya yang mempunyai tulisan terbaik disetiap minggunya. Saya pun merasa senang saat sempat mencicipi predikat tersebut sekali dengan tulisan berjudul “Taman Paseban, Oase di Tengah Krisisnya Taman di Bangkalan.”

Seperti inilah Plat-M, merengkuh sesama anggotanya dengan cara yang tidak biasa. Bukan hanya sekedar berkumpul, namun tetap memaksa setiap anggotanya untuk tetap belajar serta up to date dalam acara #AlaMenilai.

Tentu saja saya juga punya harapan dengan adanya acara #AlaMenilai ini, yakni tercapainya visi Plat-M ‘Menduniakan Madura’ dengan baik. Baik merujuk pada isi konten dan baik pula penyampaiannya melalui tulisan.

Tidak mudah memang untuk menggelorakan Madura di kancah dunia, tapi karena itulah #AlaMenilai ada.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »